Menu Tutup

4 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat dan Aman

Jerawat, Bintik, Kulit, Perempuan, Wajah
Ilustrasi wanita dengan masalah jerawat di wajah

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit umum dialami oleh sekitar 85% orang selama hidupnya. Gejala berupa jerawat mengganggu yang menimbulkan rasa frustasi dan bisa sulit untuk dihilangkan.

Meskipun metode perawatan konvensional dapat menghilangkan jerawat, perawatan tersebut sering kali dikaitkan dengan efek samping, seperti iritasi kulit dan kulit kering.

Karena itu, banyak orang telah beralih ke alternatif alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan aman. Namun, meski terdapat banyak obat jerawat alami di luar sana, hanya sedikit yang terbukti dapat membantu dan efektif secara ilmiah.

Berikut adalah 4 cara alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, meskipun hanya beberapa penelitian yang mendukung keefektifannya.

1. Gunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh diekstrak dari daun pohon Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia.

Ia terkenal karena kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Secara spesifik, minyak pohon teh membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri penyebab jerawat.

Satu penelitian membuktikan bahwa 5% gel minyak pohon teh hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada plasebo.

Dalam penelitian lain, gel yang mengandung 5% minyak pohon teh terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat seperti lotion yang mengandung 5% benzoyl peroxide dan berupa obat jerawat yang umum.

Perawatan minyak pohon teh juga menghasilkan sedikit efek samping, termasuk kekeringan, iritasi, dan rasa terbakar. Perlu diperhatikan bahwa minyak pohon teh sangat manjur dan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, beberapa penelitian yang telah dilakukan tentang penggunaan minyak pohon teh untuk kondisi kesehatan dan sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh bermanfaat untuk jerawat.

Jika anda memilih untuk mencobanya, gunakan dengan hati-hati dan selalu oleskan pada kulit, karena minyak pohon teh bisa sangat mengiritasi dan tidak boleh dioleskan tanpa diencerkan dengan minyak pelarut.

2. Obati dengan minyak esensial

Selain minyak pohon teh, banyak minyak esensial lain yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah menemukan bahwa minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh melawan bakteri penyebab jerawat S. epidermidis dan P. acnes. Rosemary dan serai juga terbukti menghambat P. acnes.

Satu penelitian membandingkan kemampuan melawan jerawat dari minyak cengkeh-basil, 10% benzoyl peroxide, dan plasebo. Baik minyak cengkeh 2% dan 5% ditemukan lebih efektif dan lebih cepat dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida.

Penelitian lain menemukan bahwa gel yang mengandung asam asetat, jeruk, dan minyak esensial selasih menghasilkan peningkatan 75% dalam tingkat penyembuhan jerawat.

Seperti minyak pohon teh, minyak esensial ini sangat pekat dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Pastikan untuk mengencerkan semua minyak esensial tersebut dengan minyak pelarut.

Lakukan uji olesan sebelum digunakan secara teratur, dan hentikan penggunaan jika terjadi iritasi.

3. Oleskan teh hijau ke kulit

Banyak orang meminum teh hijau karena manfaatnya bagi kesehatan, namun juga dapat bermanfaat jika dioleskan langsung ke kulit.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Teh hijau juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit rawan jerawat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan jerawat mengalami produksi sebum dan jerawat yang jauh lebih sedikit ketika mereka menerapkan ekstrak teh hijau 2–3% ke kulit mereka.

Ada beberapa produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung teh hijau, tetapi sangat sederhana dan menghemat biaya untuk membuat ramuan sendiri di rumah.

4. Lembapkan dengan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening. Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Karena itu, lidah buaya adalah perawatan populer untuk berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis, ruam, luka, dan luka bakar. Ada penelitian tentang kemampuan lidah buaya untuk melawan jerawat.

Lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol, dan belerang, yang semuanya dapat menghambat bakteri yang menyebabkan jerawat.

Dalam sebuah penelitian, berbagai konsentrasi gel lidah buaya ditambahkan ke minyak cengkeh-basil dan dievaluasi untuk sifat anti-jerawat. Semakin tinggi konsentrasi lidah buaya, semakin efektif dalam mengurangi jerawat.

Penelitian lain menemukan bahwa menggunakan gel lidah buaya 50% dengan krim tretinoin secara signifikan lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada krim tretinoin saja. Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A.

Gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan sendirinya, namun gel lidah buaya akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan pengobatan atau obat lain.***

Sumber artikel: https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast

Posted in Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *